Program Studi Ilmu Manajemen



Pada Program Studi Ilmu Manajemen Universitas Sains Indonesia, Anda akan fokus mempelajari Ilmu Manajemen menyangkut semua aspek dalam manajemen bisnis seperti manajemen Operasional, Markateng dan Penjualan, Keuangan, Sumber Daya Manusia dan aspek bisnis lainnya. Anda akan ditranformasikan pada keahlian manajemen bisnis yang mencakup pemahaman dalam ruang lingkup bisnis, dari perencanaan, pengembangan, pelaksanaan sampai pada aspek monitoring dan evaluasi untuk perbaikan.



Gambaran Program Studi Ilmu Manajemen

Program studi ini dirancang untuk meningkatkan kompetensi di bidang Manajemen dengan menekankan peningkatan pengetahuan dan keterampilan dalam perilaku manajemen bisnis mulai dari perencanaan, pengembangan, pelaksanaan, analisis, dan evaluasi dalam konteks kegiatan bisnis. Kurikulum disusun dengan mempertimbangkan kebutuhan industri dan berkomitmen menyelenggarakan proses belajar mengajar dengan pengalaman yang menyenanngkan.

Jelajahi berbagai aspek Pengetahuan dan Keterampilan Manajemen, termasuk Manajemen Operasional, Manajemen Keuangan, Manajemen Sumber Daya Manusia, Manajemen Pemasaran dan Penjualan, Manajemen Umum dan Kepemimpinan, Bisnis Internasional, serta Inovasi/Riset dan pengembangan Produk/Bisnis pada umumnya.



Profile Lulusan

Lulusan dari Program Studi Ilmu Manajemen Universitas Sains Indonesia dirancang dapat menjadi tenaga professional dalam organisasi bisnis untuk memastikan pelaksanaan bisnis berjalan secara epektip dan efisien dalam mencapai target yang ditetapkan.

Dua jenis pekerjaan yang menjadi fokus tujuan pembelajaran Ilmu Manajemen Universitas Sains Indonesia adalah:

  • Marketing/Sales Offices – bertanggung jawab untuk merencanakan dan melaksanakan program Marketing dan Penjualan atas produk dan/atau jasa.

  • Finance Officer – bertanggung jawab untuk pengelolaan keuangan Perusahaan agar biaya terkendali dan tepat guna untuk mengamankan target keuntungan yang diharapkan.

Kompetensi Lulusan

  1. Kompetensi Umum



  1. Kualitas Pribadi Lulusan USI: Secara khusus, ciri lulusan USSI adalah Pribadi yang bertaqwa kepada Tuhan YME menjungjung tinggi nilai-nilai kejujuran, disiplin dalam berkehidupan, menghargai nilai-nilai kemanusiaan/humanis serta prinsip-prinsip kerukukan dan keadilan yang secara umum tercermin dalam Filsafah Bangsa – Pancasila. (a .Personality: jujur, disiplin, tanggungjawan. b. Creative. c. Persistent)

  2. Profesional Global dengan Integrasi Disiplin Ilmu yang dipelajri: Berjiwa nasionalis dengan wawasan Global untuk selalu mengembangkan dirinya dengan pemahaman keilmuan yang konphrehensif untuk senantiasa dapat bekerja sesuai dengan tuntutan kemajuan jaman dan teknologi. Memahami budaya Bangsa Lain dengan tetap mempertahankan budaya dan kearifan local bangsa Indonesi agar menjadi Professional yang bisa bekerjasama di berbagi lingkungan kerja yang memiliki keragaman Bahasa dan budaya dengan saling menghargai dan bertoleransi. (a. Diversity. b. Working Attitude. c. Global Competencies: Languages English & Mandarin, Sertification).



  1. Kompetensi Khusus



  1. Memahami konsep marketing dan menerapkannya untuk mempromosikan produk dan jasa yang dijual Perusahaan sehingga produk/jasa tersebut dikenal, disukai dan dibutuhkan pelanggan

  2. Mengenali alur proses dari produk/jasa yang dijual sampai ke pengguna jasa/pemakai produk, dan memastikan terjadinya proses yang lancar dari hulu sampai ke hilir dalam value chain (rantai nilai) untuk semua stakeholders

  3. Mempu melakukan perencanaan penjualan sesuai dengan kebutuhan pasar dan peta persaingan

  4. Melakukan pengaturan keuangan Perusahaan terkait pendanaan (funding) dan pengelolaan keuangan/cash flow yang paling menguntungkan

  5. Melakukakan analisa bisnis secara kelayakan financial dari pemodalan, operasional dan keuntungan serta pertumbuhan kedepannya



Kurikulum



Semester

Kompetensi Umum

Kompetensi Khusus

1

2

1

2

3

4

5

Sebaran Mata Kuliah

1








2








3








4








5








6








7








8




















  1. Capaian Pembelajaran



  1. SIKAP

Menjalankan pekerjaan dengan jujur, disiplin, dan tanggungjawab sebagai wujud ketakwaan kepada Tuhan.

  1. Menyelesaikan pekerjaan sesuai dengan target, dan prosedur kerja sebagai wujud professional kerja.

  2. Menghargai perbedaan budaya, bahasa, pandangan, agama, dan kepercayaan, ras dan suku dalam perusahaan, masyarakat baik nasional dan global.

  3. Mampu berkomunikasi dan bekerjasama dengan orang lain yang berbeda budaya, bahasa, agama, ras dan suku baik dalam perusahaan, nasional dan global.

  4. Berperan sebagai makhluk sosial dengan mengembangkan sikap berbagi, memaafkan, dan perbaikan berkelanjutan untuk kebaikan kehidupan bermasyarakat.

  1. PENGUASAAN PENGETAHUAN

  1. Mampu mengidentifikasi teori-teori, konsep-konsep, dan praktik manajemen dan bisnis

  2. Mampu menggunakan alat-alat untuk praktik-praktik manajemen dan bisnis

  3. Mampu menggunakan pengetahuan untuk pengembangan jiwa kepemimpinan yang beretik

  4. Menguasai prinsip dan langkah penyelesaian pekerjaan terkait masalah operasional bisnis dari perencanaan sampai kepada evaluasi kinerja bisnis.

  5. Menguasai metode penelitian bidang manajemen dan lingkungan bisnis dengan menggunakan metode berpikir yang logis dan kritis untuk pembaharuan dan praktek-praktek pendekatan manajemen bisnis.

  1. KETERAMPILAN UMUM

  1. Mampu menerapkan pengetahuan dan pemahaman atas pengelolaan organisasi, termasuk analisis lingkungan, proses, prosedur, dan praktik manajemen yang efektif

  2. Mampu menghasilkan purwarupa produk secara individu atau berkelompok berdasarkan teori dan konsep kewirausahaan yang relevan dengan tetap mengacu pada kaidah dan prosedur ilmiah serta menjunjung tinggi etika akademis

  3. Mampu menggunakan teknologi informasi dalam menerapkan kepakaran mereka

  4. Mampu menghasilkan keputusan bisnis dan manajemen dengan baik berdasarkan analisis data yang kritis dan sistematis baik secara individu maupun melalui pengelolaan tim kerja yang efektif

  5. Mampu merancang jejaring social yang baik dengan pihak-pihak internal dan eksternal dalam menyelesaikan tugas-tugas mereka

  1. KETERAMPILAN KHUSUS

  1. Mampu menerapkan metode kualitatif dan kuantitatif dalam analisis, intrepretasi, dan evaluasi data yang sesuai dengan permasalahan pemasaran bisnis yang dihadapi 

  2. Mampu menciptakan ide kreatif atau cara pandang yang kritis dalam melihat konsep pemasaran bisnis maupun permasalahan organisasi bisnis

  3. Mampu merancang perencanaan pengembangan organisasi dan bisnis

  4. Mampu menerapkan ketrampilan komunikasi efektif dalam rangka penyampaian argumentasi empiris dan teoritis di bidang manajemen pemasaran bisnis

  5. Mampu melakukan Kepemimpinan dalam organisasi baik untuk efektifitas pekerjaan sendiri, maupun pekerjaan team sehingga memudahakan pengendalian dan pelaksanaan pekerjaan berdasarkan kerangka waktu kerja yang ada.



  1. Peluang Kerja

  1. Business Development Specialist

  2. Marketing Officer

  3. Sales Supervisor

  4. Financial and Business Analyst

  5. Account Executive

  6. Procurement and Logistic Specialist

  7. Finance Officer

  8. Asset Management Officer

  9. Process Improvement Specialist

  10. Dsb, dll.



  1. Visi Program Studi Ilmu Manajemen



Menjadi Program Studi Ilmu Manajemen yang Menghasilkan Tenaga Profesional dibidang MAnajemen Bisnis di berbagia Industri dan Berperan Aktif dalam Inovasi Industri untuk Kemajuan Bangsa Indonesia dan Masyarakat Global Pada Tahun 2034.



  1. Misi Program Studi Ilmu Manajemen



  1. Menyelenggarakan dan mengembangkan pendidikan tinggi ilmu manajemen untuk menghasilkan SDM profesional dalam bidang manajemen bisnis untuk mendukung pertumbuhan industri di Indonesia dan global.

  2. Menyelenggarakan dan memanfaatkan kegiatan penelitian dalam manajemen bisnis dan lingkungan bisnis yang mendorong inovasi pengembangan industri di Indonesia dan global.

  3. Menyelenggarakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat dalam manajemen bisnis dengan memanfaatkan teknologi untuk kesejahteraan dan kemajuan peradaban Bangsa Indonesia dan global.

  4. Menyelenggarakan kerjasama nasional dan internasional yang mendukung pelaksanaan tridarma perguruan tinggi dalam manajemen bisnis untuk penguatan daya saing Perguruan Tinggi, Bangsa Indonesia dan Global.

  5. Menerapkan tata kelola program studi yang taat azas, sistem penjaminan mutu dan akreditasi untuk peningkatan kinerja institusi. 



  1. Tujuan Program Studi Ilmu Manajemen

  1. Menghasilkan lulusan yang professional dalam ilmu manajemen bisnis yang mampu diserap dunia industry nasional dan global, dengan masa tunggu kurang 6 bulan dan penghasilan diatas UMP.

  2. Menghasilkan penelitian dalam ilmu manajemen bisnis yang berkontribusi dalam peningkatan pertumbuhan industri dengan melakukan publikasi dan inovasi berupa paten dan HAKI.

  3. Menjadikan program studi ilmu manajemen yang mengintegrasikan kegiatan pembelajaran dan pengabdian kepada masyarakat berbasis hasil penelitian dalam ilmu manajemen bisnis untuk meningkatkan tingkat pemakaian teknologi dimasyarakat.

  4. Menjadikan program studi ilmu manajemen sebagai pusat jejaring kerjasama antara perguruan tinggi, pemerintah, dan dunia industry dalam ilmu hukum bisnis dalam interagsi pendidikan dan dunai industry.

  5. Menjadikan program studi ilmu manajemen sebagai acuan dalam pengembangan sistem manajemen mutu, system pembelajaran yang modern di pendidikan tinggi ilmu manajemen.